Sejarah BlackBerry

BlackBerry pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut, namun tidak semua orang tahu asal usul dan kapan mulai di kenal di Indoensia. Saya sendiri juga tidak tahu kapan ponsel pintar tersebut mulai di kenal di negara kita, nah makanya saya akan coba membahasnya.

Selain smartfone ini juga banyak seperti nokia, samsung, dan lain sebgainya, namun pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas dulu BlackBerry adalah ponsel pintar yang memiliki kemampuan untuk push email, telepon,sms, dan menjelajah internet dengan mudah, BBM ( BlackBerry messenger) dan masih banyak lagi kemampuan nirkabel yang bisa di lakukan oleh phonsel pintar tersebut. Ternyata penggunaan gawai canggih ini menjadi penomenal belakang ini dan akhirnya menjadi suatu kebutuhan untuk dunia fashion.

Mulai di perkenalkan sekitar tahun 1999an oleh perusahaan yang berada di negara Kanada yang bernama Research In Motion (RIM). Kemampuan yang ternyata bisa mengejutkan dunia di dalam menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam.

BlackBerry


harga blackberry


Nah seperti di atas tadi saya pernah singgung, kapan dan bagaiman bisa populer di negara kita Indonesia. Awalnya sekitar pertengahan tahun 2004, BlackBerry mulai di perkenalkan oleh perusahaan yan bergerak di bidang jaringan yaitu perusahaan Indosat dan perusahaan Starhub.

Perusahaan Starhub adalah perwujudan dari perusahaan Research In Motion (RIM) yang merupakan rekan utama telepon pintar BlackBerry. Kemudian gak lama berselang ikut di ramaikan lagi oleh perusahaan masih yang sama bergerak di bidang jaringan yaitu Telkomsel dan Excelkom. Nah itu sedikit informasi bagaimana awal mula masuk dan di kenal di Indonesia.

Sistem operasi yang di gunakan oleh Blackberry adalah sistem multi-tasking operating system atau OS jadi bisa melakukan apa saja pokoknya si pengguna gak ribet. OS ini menyediakan dukungan untuk MIDP 1.0 dan WAP 1.2. Versi yang sebelumnya memungkinkan sinkronisasi nirkabel melalui e-mail dan kalendar Microsoft Exchange Server, dan juga e-mail Lotus Domino. Sementara untuk OS 4 yang terbarunya merupakan pelengkap dari MIDP 2.0, dan pengguna lebih memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail, kalender, dan lain sebagainya.

Model awal yang dikeluarkan oleh Blackberry adalah sebagai berikut : 850, 857, 950, 957. Ada juga Model Monokrom berbasis Java di antaranya adalah seri 5000 dan 6000. Kalo kalian mau model warna adalah seri 7200, 7500 dan seri 7700. Untuk yang suka sms ataupun chating yaitu di sediakan dengan kemudahan mengetik yaitu seri 7100. Model BlackBerry Modern : seri Huron (8800), termasuk BlackBerry Pearl (8100) dan BlackBerry Curve (8300) Model Terkini (2008-) : Seri Bold (9000), Pearl Flip (8220), Storm (9500), Javeline (8900), dan Gemini (8520) BlackBerry Bold 9700 dan BlackBerry storm II, lalu yang terbaru adalah BlackBerry 9900, BlackBerry 9930. Dan satu lagi smartphone ini bisa menggunakan jaringan bukan hanya GSM / GPRS / EDGE / UMTS saja namun juga bisa untuk jaringan CDMA 1x dan Evdo, Mike, Mobitex dan Nextel, Wireless Local Area, dan wi-fi.

Oke gan gimana , makin penasaran ingin bisa memiliki smartfone yang di sudah di rancang sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan para pengguna. Di Indonesia juga sekarang sudah ada kantor perwakilannya, yang diresmikan sekitar bulan november tahun 2010. Semoga sejarah BlackBerry di atas bermanfaat, walaupun informasinya kurang begitu lengkap.