Nokia Lumia Dengan Platform Windows Phone

Nokia Lumia adalah serangkaian smartphone dari Nokia pertama kali diperkenalkan pada bulan November 2011, yang semuanya menggunakan sistem operasi Windows Phone. Nama Lumia berasal dari bentuk jamak dari partitive Lumi kata yang berarti salju dalam bahasa Finlandia.


Nokia sekarang beralih dari platform yang bisa di bilang sudah tua yaitu platform Symbian ke yang lebih canggih lagi. Untuk lebih memanjakan para konsumen yang sudah banyak sekali, perusahaan ini akhirnya memilih platform yang lebih mantap dari symbian ke  Windows Phone sebagai OS utama smartphone mereka. Kemitraan dengan Microsoft dikonfirmasi pada tanggal 11 Februari 2011an. Symbian, yang selama bertahun-tahun smartphone OS terkemuka, turun di bawah Android di Q4 2010, pada saat banyak produsen menggunakan OS open source Android. Dan akhirnya Produsen telepon seluler ini juga terus mengembangkan dan merilis smartphone Symbian serta MeeGo ketika garis Lumia dirilis.


Nokia Lumia



nokia lumia


Generasi pertama dari nokia lumia di perkenalkan ke pasaran skitar bulan November tahun 2011, dan pada saat itu mereka langsung memproduksi dua seri yaitu 800 dan satu lagi 710. kenapa mereka langsung memproduksi dua seri sekaligus , karena dengan alasan yang pertama adalah seris  yang 800 di targetkan khusus untuk high-end dari pasar smartphone, dan seris yang 710 di targetkan untuk midrange (feature phone) dengan menawarkan perangkat entry-level pada titik harga yang lebih rendah.


Nokia Lumia seris 800 adalah Windows Phone 7-OS telepon pintar bertenaga, telepon pintar yang satu ini pertama kali diperkenalkan pada tanggal 26 Oktober 2011an di sebuah acara Nokia World. Ini adalah ponsel pertama untuk menjalankan Phone OS Windows dan menandai pergeseran perusahaan fokus mendukung Windows Phone untuk ponsel dengan harga premium.

Nah sekarang seris yang satu lagi adalah Nokia Lumia 710 dirilis di Inggris pada tanggal 1 Februari 2012. Perbedaan utama eksternal adalah berat dari ponsel berbobot 125,5 gram 15,5 gram keseluruhan lebih ringan dari pendahulunya. Meskipun Lumia 710 adalah lebih ringan dari dua ponsel, juga lebih besar.

Nokia Lumia 710 berdimensi (119 x 62,4 x 12.48mm) sedangkan Lumia 800 memiliki dimensi yang sedikit lebih kecil dari (116,5 x 61,2 x 12.1mm). Ukuran dan resolusi layar tidak berbeda meskipun dengan ukuran 3,7 inci dan resolusi (800 x 480 piksel). Meskipun Nokia Lumia 710 terbatas pada TFT ClearBlack dibandingkan dengan ClearBlack AMOLED pada Nokia Lumia 800.

Nah itu di atas adalah awal mula di perkenalkannya nokia yang berplatform Windows, dan ternyata smartphone tersebut mendapatkan sambutan sangat baik dari para konsumennya. Sekian dulu informasi tentang Nokia Lumia, semoga bermanfaat. Banyak sekali smarfhone selain yang satu ini, ada juga nokia asha dan lain sebagainya.